Cara Kembalikan Data Setelah Factory Reset Dengan Mudah

Factory reset merupakan fitur pada ponsel Android untuk mengembalikan setelan ponsel ke setelan pabrik. Melakukan factory reset secara rutin dapat membantu meningkat kinerja ponsel yang biasanya semakin lama digunakan akan semakin “lemot”. Namun, untuk beberapa orang awam seringkali merasa khawatir untuk melakukan reset ponsel ke setelan pabrik karena takut data – data yang ada dalam ponsel akan hilang atau ikut terhapus.




Padahal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan data – data setelah ponsel mengalami factory reset. Hampir semua smartphone sudah dibekali dengan fitur backup untuk mengembalikan data-data setelah ponsel di reset. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan data setelah factory reset.

3 Cara Kembalikan Data Setelah Factory Reset

   a. Mengembalikan Data dengan Pengaturan Factory Reset dari Google

Cara ini dilakukan dengan cara melakukan back up data melalui akun google yang Anda gunakan pada ponsel yang di reset. Sebelum me-reset ponsel, pastikan bahwa Anda memang sudah mencadangkan data-data Anda termasuk aplikasi – aplikasi yang di login dengan akun Google.


Baca Juga: Cara Membuat Tema Android Sendiri MenggunakanAplikasi ZenUI theme


Setelah Anda melakukan factory reset pada ponsel Anda, maka secara otomatis data – data pada memori telepon akan hilang termasuk juga aplikasinya. Anda bisa masuk ke akun google Anda untuk melakukan restore data. Anda akan diberi pilihan untuk me-restore seluruh data yang sudah disinkronisasi dengan akun. Fitur ini dapat digunakan juga untuk mengembalikan aplikasi yang dicadangkan. Selama proses restore data, pastikan Anda mendapatkan koneksi stabil atau bisa melalui jaringan wifi agar proses restore berjalan optimal.

  b. Mengembalikan Data melalui Pengaturan dengan Akun Berbeda

Cara ini digunakan untuk yang tidak ingin melakukan set up awal denggan akun yang pernah menerima back up, dengan alasan sudah terlalu banyak data yang di back up. Anda bisa mengganti dengan akun baru untuk mem-back up data. Hal ini sah-sah saja untuk dilakukan. Berikut langkah yang bisa dilakukan:

   • Setelah melakukan factory reset pada ponsel, lakukan login dengan akun baru Anda
   • Masuklah ke menu setting pada ponsel anda
   • Kemudian pilih Account, lalu klik Add account
   • Selanjutnya pilih Google untuk login dengan akun pertama
   • Lalu sinkronisasikan akun pertama dengan smartphone Anda


Baca Juga: Cara Melihat Password Wifi yang Tersimpan di Android Tanpa Root


  c. Mengembalikan Data dengan Software atau Program Komputer

Cara terakhir ini digunakan untuk Anda yang lupa melakukan back up data saat me-reset ponsel. Program seperti ini sudah banyak tersedia di Google yang di instal pada PC, seperti Dr. Fone Android Recovery, Jihosoft Mobile Recovery atau Gihosoft Android Recovery. Aplikasi tersebut bisa menjadi solusi untuk mengembalikan data secara otomatis hanya dengan melakukan running aplikasi setelah di instal pada PC dan dihubungkan ke ponsel yang telah di reset.

  d. Mengembalikan Data dengan Aplikasi Android

Jika Anda tidak ingin repot menggunakan PC untuk menginstal program data recovery, Anda bisa menggunakan aplikasi pada Android yang tersedia di Google Play Store. Cara ini sangat simpel karena dilakukan langsung di ponsel Anda. Beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk me-recovery data – data Anda sesaat setelah ponsel dilakukan reset antara lain: Undeleter recovery file and data, Disk Digger Undelet, Dumpster – Recycle Bin dana lainnya. Aplikasi – aplikasi tersebut umumnya hanya perlu di instal pada ponsel dan di running. Anda akan diberi pilihan data mana saja yang ingin di restore.

Demikian beberapa cara kembalikan data setelah reset factory yang bisa Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat.